Kajian Teologis Tentang Sentralitas Teologi “Allah” Dalam Injil Sinoptik

Authors

  • Ojosua A. Sekolah Tinggi Teologi Pelita Dunia

Keywords:

Sentralitas, Kerajaan Allah, Allah

Abstract

Abstract: This study is about the theological study of the centrality of God's theology in the Synoptic Gospels. In this study it attempts to find out to what extent the centrality of God in the Synoptic Gospels. And in this study researchers used qualitative methods, especially library methods. So that in the research found the results in the discussion and conclusions as follows. God is essentially the focal point of Jesus' preaching during his earthly life. The kingdom of God is present in the miraculous teachings and signs made by the Lord Jesus and more especially in the exorcism. The kingdom of God shows that God is the owner of the kingdom and that God's sovereignty overcomes all things. In addition, there are three of God's selves shown by the presence of the Kingdom of God. First, God is a sovereign over all things including man; second, the Kingdom of God demonstrates God's mercy to all of His creation; and thirdly, the presence of the Kingdom also indicates the glory of God and means that all praise and honor should be given only to God, who has dominion over all His creation.  

Abstrak: Penelitian ini mengenai kajian teologi tentang sentralitas teologi Allah dalam Injil Sinoptik. Dalam penelitian ini berupaya untuk mencari tahu sampai di mana sentralitas Allah di dalam kitab Injil Sinoptik. Dan dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif, khususnya metode perpustakaan. Sehingga dalam penelitian didapati hasil dalam pembahasan dan kesimpulan sebagai berikut. Pada dasarnya Allah merupakan titik fokus dalam pemberitaan Yesus selama hidup di dunia ini. Kerajaan Allah itu hadir di dalam pengajaran dan tanda ajaib yang dibuat oleh Tuhan Yesus dan lebih khususnya pada pengusiran setan. Kerajaan Allah menunjukkan bahwa Allah yang menjadi pemilik atas kerajaan tersebut dan kedaulatan Allah mengatasi segala sesuatu. Selain itu ada tiga dari diri Allah yang ditunjukkan oleh kehadiran Kerajaan Allah tersebut. Pertama, Allah merupakan pribadi yang berdaulat atas segala sesuatu termasuk manusia; kedua, Kerajaan Allah menunjukkan kemurahan hati Allah kepada semua ciptaan-Nya; dan ketiga, kehadiran Kerajaan tersebut juga menunjukkan kemuliaan Allah dan artinya segala pujian dan hormat harus diberikan hanya kepada Allah, yang berkuasa atas segala ciptaan-Nya.

References

Brotosudarmo, R.M. Drei S, ed. Pengantar Perjanjian Baru: Memahami penulis, tahun penulisan, maksud dan tujuan masing-masing Kitab dalam Perjanjian Baru. Yogyakarta, ANDI, 2017.

Henry, Matthew, ed. Tafsiran Matthew Henry: Injil Matius 1-14. Surabaya, Momentum, 2014.

Keller, Timothy, ed. Making sense of God. Surabaya, Perkantas, 2016.

Putra, Adi, ed. Belajar Menafsirk Kitab-kitab Perjanjian Baru. Jakarta Selatan, VIEWS, 2021.

Rintis, Iswara, ed. Sepuluh Ajaran Yang Keliru Tentang Kasih. Yogyakarta, ANDI, 2018.

Ruslan, Rosady, ed. Metode Penelitiab Public Relations dan Komunikasi. jakarta, Rajawali Pers, 2023.

Schreiner, Thomas R., ed. New Testament Theology: Memuliakan Allah Dalam Kristus. Yogyakarta, ANDI, 2015.

Susabda, Yakub B., ed. Mengenal dan Bergaul Dengan Allah. Yogyakarta, ANDI, 2010.

Tenney, Merrill C., ed. Survei Perjanjian Baru. Malang, Gandum Mas, 1997.

W.R.F. Browning, ed. Kamus Alkitab: Panduan dasar ke dalam kitab-kitab, tema, tempat, tokoh dan istilah-istilah alkitabiah. jakarta, Gunung mulia, 2009.

Walton, Andrew E. Hill dan John H., ed. Survei Perjanjian Lama. Malang, Gandum Mas, 2013.

Walton, David Wenham dan Steve, ed. Menjelajah Perjanjian Baru: Kitab Injil dan Kisah Para Rasul, jilid 1. Jakarta, Scripture Union Indonesia, 2019.

Wiguna, Vicentius Agsuko. “Kemuliaan Allah Sebagai Tujuan Penciptaan Dalam Katekismus Gereja Katolik Artikel 293.” Felicitas I (2021): 32.

Zuck, Roy B., ed. A Biblical Theology of the New Testament. Malang, Gandum Mas, 2011.

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Ojosua A. (2023). Kajian Teologis Tentang Sentralitas Teologi “Allah” Dalam Injil Sinoptik. Views : Jurnal Teologi Dan Biblika, 1(1), 66–78. Retrieved from https://penerbitviekawahanasemesta.com/index.php/views/article/view/5